Follow by Email

Friday, January 6, 2012

Melon si Hijau Nan Segar dan Bermanfaat


Ngomong-ngomong soal buah kesukaan, saya teringat pada buah melon. Melon merupakan salah satu buah populer yang tumbuh di daerah tropis. Buah melon tumbuh merambat di tanah atau merambat pada pagar, berwarna wijau atau kuning dan bulat berukuran seperti batok kelapa. Rasanya tidak terlalu manis dan banyak mengandung air, sekitar 95 % dari daging buah. Buah melon dapat dimakan langsung tanpa kulit dan sangat cocok untuk dijadikan bahan es buah di hari yang panas dan menggerahkan. Buah ini sangat mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun supermarket dengan harga yang lumayan terjangkau.

Buah hijau nan segar ini ternyata memiliki banyak manfaat loh, di antaranya adalah…
  • Melon yang memiliki kandungan air yang banyak, tentunya dapat menghilangkan rasa haus, menyejukkan tenggorokan, meredakan rasa panas dalam perut, dan membersihkan ginjal dari sisa-sisa metabolisme.
  • Melon mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung.
  • Melon yang kaya akan serat alami, juga mampu melancarkan BAB dan menyembuhkan sembelit.
  • Dengan kandungan antikoagulan, melon dipercaya mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau gangguan jantung. 
  • Melon juga mengandung karotenoid  yang berkhasiat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. 
  • Selain itu, melon juga memiliki daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut, serta dapat menghilangkanpenyakit asam urat.  

0 comments:

Post a Comment