Wednesday, November 20, 2019

Living A Life as A Working Mom (Part 1)


It’s  11.58 PM….almost midnight. And I am still awake with wide open eyes. Bener-bener gak bisa tidur, blum ngantuk sama sekali. Mumpung si husband juga lagi lembur ngedit foto depan komputer, ya ada kesempatan lagi deh buat nulis-nulis. Heheheeeeeehhhh….. padahal ini hanyalah sebuah pelarian karena handphone lagi lowbat.  :D :D :D

Well…hi, I am a working mom alias seorang  ibu yang bekerja di luar rumah. Saya bekerja sebagai seorang guru di salah satu Pesantren di Kabupaten Gowa. Kalau dihitung-hitung saya sudah 14 tahun loh menjadi guru. Eitssss….jangan kira saya sudah tua ya. Blum tua tua amat kok….masih 33 tahun.  Saya memang sudah mulai mengajar sejak masih semester 5 waktu kuliah dulu. Sekarang sudah berstatus guru tersertifikasi. Belum jadi PNS sih, tapi tuntutannya sudah harus memiliki kinerja setara dengan PNS.

#Morning Rush
Every morning, I am always in a rush. Hariku selalu dimulai dengan hal-hal yang selalu membuat nafas jadi ngos-ngosan.  Super rempong, padahal anak baru satu.  Semua berawal dari kesalahanku juga sih. Alarm HP sudah disetel  pukul 05.00 tuk segera bangun sholat subuh dan mandi. Tapi, selalu saja begitu dengar alarm, godaan tuk tidur kembali menghampiri. Terkadang segera bangun hanya sekedar tuk buang air kecil, trus balik tidur lagi. Sampe gak terasa….liat di monitor CCTV….ya ampun di luar mataharinya sudah terang benderang.  Mulai deh panik…segera laksanakan sholat subuh walaupun sudah tau bahwa sebenarnya sudah telat banget. Lanjut mandi dengan tergesa-gesa. Pake daleman, kemeja dalam, dan legging. Trus mulai membujuk Jagdish, anakku yang sudah berusia 3 tahun tuk segera bangun dan mandi. Sebisa mungkin Jagdish harus bangun sebelum saya berpakaian rapi, sebab kalo tidak, bisa terjadi adegan basah-basahan. Syukur-syukur kalo Jagdish sudah tidak ngantuk, langsung bangun dan mandi. Kalau belum bangun ya saya lanjutin saja dulu dengan pake make up, trus bikin kopi tuk pak suami. Nah, kalau Jagdishnya sudah bangun….mulai lagi deh bujuk-bujukan buat mandi. Kadang harus ngikutin dia keluar masuk…keluar masuk  dulu. Lumayan menguras energi….mengingat rumah orang tuaku yang kami tempati numpang tinggal ini…lumayan berliku dan lantainya gak datar dari luar sampe dalam. Lantai di tiap ruangan ketinggiannya beda-beda, jadi kalau jalan di dalam rumah mesti naik turun…naik lagi…turun lagi. Belum lagi drama pas Jagdish lagi mandi. Gak mau disiram lah…gak mau pake sabun lah… atau maunya turun ke bak air, trus main air berlama-lama. Pokoknya adegan inilah yang paling drama. Kalau cuaca lagi dingin, airnya pun jadi ikutan dingin. Dengan terpaksa harus masak air panas dulu buat air mandinya si anak. Ya…saya yakin hampir semua ibu sering mengalaminya. Bersusah-susah tapi hati terasa senang bisa menikmati moment kebersamaan dengan anak.

Selesai dengan mandinya si Jagdish, habis dipakein baju dengan rapi, tidak lupa pake hair lotion n parfum biar wangi… lanjut dengan makannya. Syukur Alhamdulillah, ada mama yang jualan nasi kuning di depan rumah. Jadi, soal sarapan kami sekeluarga aman. Terkecuali suamiku yang amat sangat jarang sarapan karena lebih senang ngopi dulu. Kadang-kadang, Jagdish dikasi nasi oleh neneknya, langsung makan sendiri. Kadang pula dibawa ke saya, mintanya disuapi.  Habis itu baru deh bisa  leluasa berpakaian. Sejak punya anak jadi sangat jarang nyetrika baju. Kalo gak kusut-kusut amat ya dipake begitu saja. Padahal dulu sewaktu masih gadis, ogah deh keluar kuliah atau kerja tanpa pakaian yang disetrika. Kalo sekarang ya mikir hemat tenaga. Makanya sekarang kalo mau beli pakaian mesti liat dulu jenis kainnya mudah kusut atau tidak.

Seringkali sementara lagi siap-siap buat ke sekolah, ada lagi intermezzo. Walaupun toko masih tutup…tetap saja ada pembeli atau nasabah yang masuk lewat pintu samping…mau bayar, transfer atau tarik tunai.  Ya terpaksa harus dilayani dulu. Pantang nolak rezeki di pagi hari.

Begitu nengok jam dinding….ehhh ternyata sudah setengah delapan. Hufthhhh….jadwal ngajarku jam pertama pula dan mulainya pukul 07.50. let’s go…we have to hurry up. Sambil teriak-teriak. Daddy….daddy….saya sudah selesai pakaian, ayo buruan saya sudah telat nih. Kalau si husband lagi ada job foto shooting di luar, Jagdish  harus ngikut ke sekolah.  Mesti ke warung sebelah dulu buat beli susu dan snack bekalnya. 

Jarak dari rumah ke sekolah tidak begitu jauh, kira-kira hanya sekitar 2 atau 3 kilometer. Tidak sampai 10 menit sudah tiba di sekolah. Di sini ada drama lagi…tarik-tarikan antara saya, Jagdish dan daddynya. Jagdish lebih memilih ikut daddynya, dia gak mau tinggal di sekolah.  Pokoknya kalau harus stay di sekolah ya harus  tarik-tarikan dulu meski harus sampai nangis teriak-teriak dan pukul-pukul momminya. Kalau daddy lagi gak ada job di luar, Alhamdulillah aman. Jagdish bisa langsung ikut pulang sambil dadadada ke momminya. 

No comments:

Post a Comment