Sunday, August 18, 2019

MANFAAT BUAH PARE UNTUK KESEHATAN



Buah pare merupakan buah yang sering dijadikan sayur mayur ini merupakan buah yang memiliki aneka manfaat untuk tubuh. Buah yang memiliki rasa pahit ini juga ternyata mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan. Manfaat buah pare antara lain yaitu:
1.     Untuk menekan pertumbuhan sel kanker.
Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kanker University of Colorado menghasilkan kesimpulan bahwa pare dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pancreas. Kandungan yang terdapat dalam pare mempengaruhi metabolism glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker. Kanker pancreas banyak didahului oleh penyakit diabetes dan jus pare sudah terbukti baik bagi penderita diabetes tipe 2.
2.    Untuk mempercantik kulit.
Terik matahari dapat membakar kulit wajah anda. Akibatnya wajah akan berkerut, kusam dan rusak. Nah, untuk mencegah kerusakan wajah harus dilakukan perawatan khusus, salah satunya dengan menggunakan masker buah pare secara teratur. Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet.
3.    Untuk membantu pengobatan diabetes.
Buah pare bersifat hipoglikemik yaitu menurunkan kadar gula dalam darah. Sifat ini sangat cocok untuk pengobatan diabetes untuk menurunkan kadar gula darah saat berlebih. Buah pare ini tidak mengandung senyawa berbahaya bila dikonsumsi jangka panjang sehingga bisa mengimbangi penggunaan obat-obat kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping bila dikonsums secarai terus menerus.
4.    Untuk membantu proses penurunan berat badan.
Pare mengandung kalori yang rendah, maka buah ini dapat dijadikan salah satu menu bagi anda yang sedang menjalani  diet obesitas. Rasa pahit pada pare dapat berkurang bila diremas menggunakan garam dapur sehingga bisa dikombinasikan bersama bahan makanan lain.
5.    Untuk melegakan pernafasan.
Rasa pahit pada pare dapat membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernafasan untuk bergerak lebih lebar. Artinya, saluran pernafasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara lebih lancar.

Sumber: Majalah Wisata Hati-Edisi45/XIII/September2014/Dzulqo'dah 1435H

No comments:

Post a Comment