Friday, March 6, 2020

RESEP: TELUR MATA SAPI SAUS EBI PEDAS


Kali ini saya ingin membagikan resep yang baru saja saya coba hidangkan untuk makan siang suami. Sengaja saya bagikan karena menurut saya, ini adalah menu yang simple (bahannya mudah didapatkan dan murah meriah) tapi rasanya dijamin sangat enak. Apalagi bila disantap dengan nasi hangat. Selamat mencoba…….


BAHAN:
3 butir telur
4 sendok makan ebi kering
20 biji cabe (atau tergantung selera mau pedas atau extra pedas)
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 biji tomat merah
1 batang daun bawang
1 sendok makan kecap manis
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

CARANYA:
1.      Panaskan minyak dia atas wajan, goreng telur satu per satu telur, bolak-balik hingga matang (kalau saya suka yang setengah matang). Taruh di atas piring, lalu sisihkan.
2.      Haluskan cabe, sesiung bawang merah dan sesiung bawang putih. Iris satu siung bawang merah dan satu siung bawang putih.
3.      Tumis bawang merah dan bawang putih di atas minyak yang telah dipanaskan. Setelah bawang berwarna kecoklatan; masukkan cabe, bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan. Tumis beberapa saat, lalu masukkan ebi kering kedalam tumisan. Aduk hingga aroma cabe dan ebi tercium.
4.      Tambahkan kecap manis.
5.      Masukkan tomat dan daung bawang yang telah diiris-iris. Aduk hingga tomat dan daun bawang sedikit layu.
6.      Bubuhi garam secukupnya. Aduk lagi hingga rata.
7.      Tuangkan saus ke dalam piring yang berisi telur yang telah digoreng tadi.
8.      Telur mata sapi saus ebi pedas siap disajikan.


No comments:

Post a Comment