Follow by Email

Thursday, November 17, 2011

Perpindahan Mata dan Proses Membaca


Ada dua amacam tehnik dalam membaca. Pertama, tehnik perbandingan sederhana, dengan memperbandingkan antara membaca 10 detik dan identik dan menghitung jumlah tatapan pada setiap kata. Kedua, ‘tehnik perpindahan jendela’, secara normal membaca satu baris dalam satu waktu, tapi dengan sudut pandang yang berbeda tentang titik fiksasi. Ketiga,  dengan memperhatikan pemenggalan elemen pada proses perpindahan mata yang mempengaruhi pembacaan. Adapun karakter umum pada pembacaan yang berdasarkan dua anggapan tentang proses berpikir. Pertama, pembaca berusaha menerjemahkan setiap kata kemudian menghubungkannya dengan cepat. Kedua, ada hubungan antara panjang dan durasi pada proses  fiksasi.
·         Model Psikologi
Kita seringkali bertanya ‘apa yang terjadi?’ setiap kali mulai membaca. Proses berpikir berhubungan dengan pembacaan dan pemahaman. Ada juga sejumlah model koneksi yang tampak seperti pada saat memperluas perhatian dan pemahaman kata.
·         Model dari bawah ke atas
Poin penting atau tujuannya adalah untuk memahami makna dari sebuah teks. Pembaca harus memproses setiap kalimat tunggal untuk menyusun sebuah teks. Pembaca memulainya dengan segmen-segmen huruf individu dan menyusunnya melalui kata-kata, kalimat dan paragraph hingga secara keseluruhan dari teks mengandung makna.
·         Model dari atas ke bawah
Membaca seperti ini dimulai dengan melakukan tes hipotesa kemudian membaca isi teks secara keseluruhan. Smith menyarankan bahwa membaca dipercepat tidak dengan meningktkan rata-rata pada fiksasi mata, tetapi dengan mengurangi ketergantungan pada informasi visual dengan memanfaatkan makna. Membaca untuk mengetahui makna, tidak hanya menspesifikkan kata-kata.

0 comments:

Post a Comment