Follow by Email

Sunday, January 20, 2013

Kisah Inspirasi J.K Rowling

           Bagi para penggemar Harry Potter, nama wanita ini tidak asing lagi tentunya. Ya, saya pun sangat mengagumi ibu tiga anak ini bukan lantaran karena saya adalah penggemar Harry Potter, melainkan inspirasi dan motivasi perjuangannya menuju kesuksesan. Rowling adalah seorang penulis buku terlaris di dunia sepanjang sejarah. Berkat karya novel kronologi Harry Potter, kini ia  menjadi salah satu wanita terkaya di Britania. Kesuksesan yang diraihnya tidaklah mudah.
 Siapa sangka bahwa sebelum ia menjadi seorang penulis ternama, ia hanyalah seorang sekretaris biasa. Joanne Kathleen Rowling lahir di Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris pada 31 Juli 1965. 
Bakat menulisnya telah terlihat sejak ia masih kanak-kanak, ia gemar menulis cerita khayalan. Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Ia pun menikah dengan seorang wartawan portugis dan melahirkan anak perempuannya, Jessica pada tahun 1993. Perceraian memaksanya untuk pindah ke Edinburgh bersama-sama dengan anaknya tinggal berdekatan dengan rumah adik perempuannya. Di Edinburgh, Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi dirinya dan anaknya. Ia hidup dalam kemiskinan bahkan ia masuk dalam kategori pihak yang berhak memperoleh santunan orang miskin dari pemerintah inggris. Keberuntungannya berawal di Stasiun Kereta di Manchester. Kala itu kereta yang hendak ia tumpangi menuju London terlambat 4 jam. Saat menunggu kereta itulah, muncul dalam benaknya cerita tentang Harry Potter yang dimulai dengan latar belakang di stasiun kereta. Ia pun mengetik cerita tentang Harry Potter dengan mesin tik manual tua dengan tekun. Namun, sayang sekali beberapa pernerbit menolak cerita khayalan karyanya. Ia tidak menyerah begitu saja ia terus berusaha menyodorkan karyanya kepada penerbit. Ia yakin suatu saat nanti karyanya akan terpajang di toko buku seluruh dunia. Hingga akhirnya, penerbit ke 13 yang ia temui menerima dan menerbitkannya. Tahun 1995 merupakan tahun yang bersejarah bagi JK Rowling, cerita anak-anak yang berjudul Harry Potter and the Philosopher’s Stone mendapat respon yang baik hingga ia mendapatkan sebuah penghargaan dari Dewan Kesenian Skotlandia.
Tidak sampai di situ, ia terus melanjutkan karyanya. pada tahun 1998, ia berhasil menyelesaikan cerita Harry Potter ke 2 yang berjudul Harry Potter and The Chamber of Secret. Disusul dengan buku ke 3 pada tahun 1999, Harry Potter the Prisoner of Azkaban. Di tahun 2000, Harry Potter and the Goblet of Fire. Pada tahun 2003, Harry Potter and the Order of the Phoenix. Harry Potter and the Half-Blood Prince pada tahun 2005. Dan terakhir pada tahun 2006, Harry Potter and the Deathly Hallows.
Bulan September 2012, novel dewasa pertama JK Rowling yang berjudul The Casual Vacancy telah diedarkan ke pasaran.
Kisah hidup seorang JK Rowling merupakan salah satu sumber inspirasi menuju kesuksesan. Dengan impian, kerja keras dan keyakinan; maka dengan sendirinya kesuksesan akan datang menghampiri . Kegagalan adalah hal yang biasa dalam hidup ini, namun bila kita mampu bangkit dari kegagalan adalah hal yang luar biasa.


2 comments:

Tuharea said...

Aku pengen banget deh punya blog yang bisa dibaca banyak orang

ikhwan said...

Kerja keras akan mendapatkan hasilnya.

Post a Comment