Follow by Email

Wednesday, May 25, 2011

Bersabar

Sewaktu kecil dulu, orang tua, kakak, bapak/ibu guru mungkin pernah menasehati kita bila sedang tak sabaran menanti sesuatu dengan berkata. "Bersabarlah...karena orang sabar disayang Tuhan." Saya hafal betul kalimat itu tapi waktu itu belum mengerti apa maksudnya.

Kesabaran adalah salah satu bentuk keimanan. Kesabaran merupakan self control atau sikap menahan terhadap segala gejolak dalam diri yang berlebihan seperti keinginan, emosi, dan juga dalam menghadapi ujian dari Allah. Dengan bersabar berarti kita sedang meniti langkah menuju tahap bersyukur. Jangan pernah takut bersabar karena sabar bukan berarti kalah atau tidak mendapatkan apa-apa.

Dalam ajaran Islam kita dianjurkan untuk bersabar karena Allah SWT telah menjanjikan pahala yang berlimpah bagi hamba-Nya yang bersabar dan bukan hanya itu Allah juga akan memberikan balasan sebagai hikmah dari kesabaran tersebut. berikut adalah beberapa kutipan arti dari ayat Al Quran tentang kesabaran.

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung.” (QS. Al ‘Imran:200)

"dan Allah mencintai orang-orang yang sabar..." (QS. Al Imran: 146)

"dan sesungguhnya Kami akan memberikan balasan kepada orang-orang yang bersabar...." (QS. An-Nahl: 96)

"Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas..." (QS: Az Zumar: 10) 

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah:153)

Manusia memang diciptakan dengan segala keterbatasan. Kesabaran pun ada batasnya. Oleh sebab itu, kesabaran harus senantiasa dipupuk oleh ibadah lainnya seperti shalat, zakat, puasa, sedekah, dan sebagainya.  Bersabarlah...dan Insya Allah, Allah akan memberikan solusi yang terbaik dan melimpahkan segala anugrah-Nya kepada kita. Amin...Ya Rabbal Alamin.

0 comments:

Post a Comment