Follow by Email

Wednesday, July 27, 2011

Apakah Belajar dengan menghafal cukup efektif?


Menghafal adalah salah satu bagian dari belajar, bukannya belajar untuk menghafal. Belajar dengan cara menghafal merupakan metode lama. Sebagian orang menganggap metode menghafal cukup efektif, dan sebagian besar lainnya menganggap bahwa metode semacam ini sudah outdated alias kuno. 

Sebenarnya saya setuju-setuju saja bila dikatakan bahwa metode menghafal masih cukup efektif bila digunakan dalam cara belajar  masa kini. Menghafal juga merupakan tahap dasar yang diterapkan oleh Rasulullah kepada para sahabat terutama dalam menghafal Al quran. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita tidak luput dari menghafal, ada beberapa hal yang harus kita hafal sehingga kita dapat mengingatnya kembali. 

Dalam mengajar bahasa Inggris pun saya tetap menerapkan metode menghafal kosa kata khususnya untuk anak-anak. Akan tetapi menurut pengalaman saya, sungguh sangat tidak efektif bila kita mengharuskan anak-anak untuk menghafal kata dalam jumlah banyak sekaligus. Mereka akan merasa bosan, mudah lupa dan mungkin akan merasa tertekan bila mereka dipaksakan. Mereka akan merasa lebih enjoy bila diberi hafalan sedikit demi sedikit dan diiringi dengan practice dan having fun, misalnya dengan membuat contoh kalimat atau memberi vocabulary games. 

Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri dalam belajar/ mengajar yang mungkin dianggap the best way. Jadi, jangan menyalahkan orang lain bila metodenya berbeda dengan metode anda. 

What do you think about rote learning?

0 comments:

Post a Comment