Follow by Email

Sunday, July 3, 2011

I am Shy

 
       SHY
Sometimes when I don’t want to go
To visit someone I don’t know
They never stop to ask me why
                                  She’s shy
                                  They say
                                  She’s shy
Or if we’re leaving someone’s house,
They say I’m quiet as a mouse
When I forget to say good bye
                                  She’s shy
                                  They say
                                  She’s shy
Cat’s got her tongue, they always say,
She often does clam up this way,
She’s silent as a stone today
                                  She’s shy
                                  They say
                                  She’s shy
I’m not shy or if I’m
I’m not a mouse or stone clam,
I like to look and listen to
What other people say and do
If I can’t think of things to say,
Why should I say things anyway?
I don’t see why 
That makes me shy.


Puisi di atas menggambarkan tentang seorang gadis pemalu yang tidak terlalu suka berbicara, namun ia senang mengamati dan mendengarkan apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang lain. Ia tetaplah seorang gadis pemalu meski orang-orang berkata bahwa ia diam seperti tikus atau batu karang karena rasa malu memang sudah menjadi sifatnya.

Talking about shy alias rasa malu, malu adalah sifat atau perasaan yang membuat diri kita enggan untuk melakukan sesuatu dianggap kurang pantas atau kurang sopan. Rasa malu merupakan sebagaian dari iman. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda ketika melewati seseorang dari kalangan Anshar yang sedang menasehati saudaranya mengenai rasa malu. 
"Biarkanlah dia, karena sesungguhnya rasa malu itu termasuk dari keimanan."

Terdapat tiga macam jenis malu:
* Malu yang pertama adalah malu kepada Allah, yakni timbul perasaan malu bila tidak melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Misalnya, ketika terlambat mengerjakan Shalat lima waktu akan timbul perasaan malu terhadap Allah.
* Malu yang kedua adalah malu terhadap diri sendiri, yakni perasaan malu di dalam hati ketika melakukan sesuatu yang rendah dan tidak sepantasnya dilakukan. Perasaan yang muncul meskipun tak ada orang yang melihat.
* Malu yang ketiga adalah malu terhadap orang lain, yakni perasaan malu untuk melakukan sesuatu yang buruk apabila dilihat orang lain karena akan membuat harga diri jadi rendah. Atau malu untuk memamerkan kelebihan yang dimiliki karena dapat menimbulkan sikap riya.

Orang yang memiliki rasa malu akan terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin bisa menimpanya. Apabila rasa malu telah hilang pada diri seseorang maka tak ada lagi kebaikan yang bisa diharapkan darinya. Segala perilakunya akan sulit untuk dikendalikan. Bahkan bisa jadi dirinya telah berubah menjadi seperti syaitan yang terkutuk. 

Ada rasa malu yang memang telah menjadi tabiat atau sifat bagi seseorang yang merupakan karunia dari Allah SWT dan ada rasa malu yang timbul karena dorongan dari dalam diri sendiri. Malu memang baik. Akan tetapi, kita tidak boleh malu dalam melakukan hal-hal kebaikan. Jangan sampai karena malu kita melalaikan hak dan kewajiban. 

Malu bukanlah hal yang memalukan. Jadi jangan pernah menggunjing orang yang memiliki sifat pemalu.You know, because I'm shy...


*(puisi dikutip dari salah satu materi pelajaran kelas 3 SMP yang terdapat dalam buku English on Sky, penerbit Erlangga tahun 2004) 
*(the picture is taken from incredible-ing.blogspot.com)

0 comments:

Post a Comment