Follow by Email

Saturday, July 9, 2011

Let's learn English!

Pernah nggak kamu nonton di TV atau kamu liat langsung orang yang bukan native speaker (penutur asli Bahasa Inggris) begitu lancar cap cip cus menggunakan Bahasa Inggris ngomong dengan orang bule? Bagi orang yang sudah jago Bahasa Inggris mungkin menganggapnya biasa saja, tapi bagi yang belum jago-jago amat pasti berpikir, “Wah,hebat ya.” Tau kan, Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional, jadi kebanyakan negara-negara di seluruh penjuru dunia menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang asing. Tertarik belajar English? Yuk ikuti tips berikut:

1.     Niat dan motivasi.
Pertama harus ada niat dan motivasi, mengapa kamu ingin belajar bahasa inggris? Setiap orang belajar Bahasa Inggris pasti punya alasan. Misalnya, kamu suka nonton film berbahasa inggris atau kamu suka dengar/ nyanyi lagu-lagu barat, jadi kamu termotivasi untuk menguasai Bahasa Inggris. Coba bayangkan ketika kamu lagi dengar lagu Justin Bieber, Katy Perry, David Archuleta atau Westlife (boyband Jadul, tp teutep favoritku) dan kamu bisa ngerti makna dari lagu mereka, pasti senang kan. OK, kalau kamu tidak suka musik atau film, Mungkin kamu punya cita-cita untuk kuliah di luar negeri, jadi tour guide, penulis, atau ambassador di luar negeri. Tanpa niat dan motivasi yang besar, semua percuma guys, girls. Jadi mantapkan niat untuk belajar dengan sungguh-sungguh.
2.    Ikut kursus.
Kalau kamu memang benar-benar berminat belajar English, nggak ada salahnya ikutan kursus. Apalagi kalau kamu berduit, bisa ikutan kelas intensif. Buat yang dompetnya kurang tebal, jangan khawatir masih banyak kok tempat kursus yang menawarkan harga murah dengan kualitas bagus (hehe…promosi buat Oxford Learning Center nih). Selain untuk mempermantap 4 skill (listening, speaking, reading, dan writing), kamu juga bisa berinteraksi dengan teacher dan teman-teman kamu.
3.    Dengar musik.
Siapa sih yang nggak suka dengar musik? Ini adalah salah satu cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan. Apa jenis musik dan lagu favoritmu? Tentu saja harus lagu yang berbahasa Inggris. Mulailah step by step (selangkah demi selangkah), pilih lagu yang tempo iramanya lambat terlebih dahulu. Sekarang kan tehnology sudah canggih, search dan download video lagu di You Tube yang ada liriknya. Dengar dan ikutlah bernyanyi. Setelah itu, coba-coba terjemahkan kira-kira makna dari lagu tersebut apa. Ingat ala bisa karena biasa, semakin sering mendengarnya semakin kamu bisa menghafal lagu tersebut. Perbanyak daftar lagu-lagu kamu, jangan cuma yang itu-itu saja.
4.    Nonton Film.
Nonton film selain menghibur, juga bisa bikin pintar. Yang pasti bukan film-film porno Indonesia berbalut tema horror, tapi film berbahasa Inggris. Sebagai pemula, pilih film-film yang ceritanya ringan terlebih dahulu. Selama menonton film, coba deh kamu sesuaikan apa yang diucapkan oleh tokoh di film dengan arti dalam bahasa Indonesianya. Biasanya film kartun atau film anak-anak bahasanya lebih mudah dipahami.
5.    Perkaya Vocabulary (kosa kata)
Ketika kamu lagi jalan-jalan di mall, kamu melihat kalung terpajang di etalase. Terlintas dalam benakmu kata ‘kalung’, kira-kira apa ya bahasa Inggrisnya ‘kalung’? Atau kamu lagi disuruh mama menyapu lantai, terlintas kata ‘menyapu’, apa ya bahasa inggrisnya ‘menyapu’? Eitss…selesaikan saja dulu kegiatannya, kata-kata tersebut simpan dulu di otak, begitu ada waktu luang bukalah kamus, cari bahasa Inggrisnya.  Lebih bagus lagi kalau kamu membuat daftar kosa katamu sendiri, mulailah dengan kata-kata yang sering digunakan sehari-hari.  Jangan malas buka kamus.
6.    Rajin baca.
The more you read, the more you know (semakin banyak membaca semakin banyak yang kamu tahu). Membaca memang sangat bermanfaat, bukan hanya membaca buku-buku pelajaran atau Koran saja; membaca majalah, novel atau komik pun bermanfaat. Mulailah dengan membaca jenis bacaan kesukaanmu, misalnya novel. Pilih lah novel yang level bahasanya sesuai dengan tingkat kemampuanmu. Jangan khawatir atau keburu menyerah kalau kamu tidak mengerti beberapa kata yang kamu baca. Membaca bacaan berbahasa Inggris tak terlalu penting mengerti kata per kata. Tapi, kalau memang ada kata yang benar-benar bikin penasaran apa sih artinya, jangan segan-segan buka kamus. Lanjutkan membaca, kamu pasti bisa memahami maksud dari bacaan tersebut secara keseluruhan.
7.    Menulis.
Menulis adalah proses mengkreatifkan diri. Mulailah menulis semacam diary dalam bahasa Inggris tentang kegiatan sehari-hari, pendapatmu tentang sesuatu, atau  mungkin perasaanmu. Jangan khawatir bila grammar/ tata bahasanya kurang tepat. Seiring dengan waktu jika kamu terus belajar dan menulis, kamu pasti mampu mengatasi kendala grammarnya. Jika tulisan berbahasa Inggrismu sudah lumayan mantap, tak ada salahnya bila kamu juga menulis tentang ide-ide kreatifmu. Tentang apa saja. Pokoknya menulis. Menulis menyenangkan kok.
8.    Cari teman yang bisa diajak sharing.
Two heads are better than one. Satu kepala bisa memecahkan masalah, dengan dua kepala tentu akan lebih mudah, apalagi kalau banyak kepala. Begitu pun dalam belajar bahasa Inggris, kalau ada teman sharing tentu akan lebih mudah dan menyenangkan. Carilah teman yang juga menyukai bahasa Inggris dan kalau bisa yang sudah mahir berbahasa Inggris. Atau kamu bisa join dalam klub bahasa Inggris yang ada di sekitarmu. Jangan malu/ gengsi bertanya. Dan juga jangan pelit berbagi.
9.    Practice
Practice makes perfect (semakin sering berlatih, semakin sempurna). Berbicaralah in English. Cari lawan bicara yang sepadan atau yang lebih oke bahasa Inggrisnya. Kalau perlu kamu jalan ke tempat-tempat yang sering dikunjungi tourist. Cari yang bisa diajak ngobrol (meskipun cuma sebentar, nggak apa-apa kok dan kalau di tolak jangan marah, namanya juga usaha). Diantara mereka banyak juga loh yang ramah dan baik hati. Jangan ragu untuk mempraktekkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Ayo Mulai…..
Let's learn English. ^_^

                                                                               Tips by Riyuni Mark 

0 comments:

Post a Comment