Follow by Email

Friday, August 5, 2011

Puasa dan Aktivitasku


Hari ke-5 Ramadhan…

Alhamdulillah masih semangat, masih bertenaga, masih beraktivitas. Siapa bilang puasa adalah waktunya untuk bermalas-malasan? Banyak orang yang beranggapan tidur adalah cara ampuh untuk menghindari rasa lapar dan haus selama berpuasa. Kalau tidur terus, loh kapan ibadahnya?

Meski harus berpuasa, saya tetap beraktifitas, bahkan lebih banyak dari biasanya. Pagi-pagi dini hari bangun lebih awal untuk membantu my mom menyiapkan santapan sahur untuk keluarga. Sholat subuh berjamaah di mesjid dan tadarus setelahnya. Kadang tidur sedikit untuk menghilangkan rasa kantuk karena tergoda oleh kasur yang empuk. Jam 7 pagi sudah terbangun lagi, seperti biasa, sebagai petugas ‘cleaning service’ di rumah, saya harus menyapu, mengepel, dan beres-beres sampai rumah rapi dan bersih (2 lantai sekaligus). Mencuci baju yang biasanya 2 kali seminggu, kali ini harus lebih intensif agar tidak kerepotan dan kecapaean dengan cucian banyak sekaligus.  Setelah itu, ada sedikit waktu untuk check blog, facebook, atau twitter. Setelah shalat Dhuhur di rumah (kadang kalau tidak sempat, shalat dhuhurnya di kantor) langsung berangkat ke Oxford tercinta. Mengajar 2 kelas sampai jam 5 sore. Next, go back home. Rasanya lelah juga, tapi tiba di rumah melihat lantai kotor lagi, ya harus nyapu lagi. After that, bantu my mom lagi masak dan menyiapkan buka puasa. Untuk mengembalikan tenaga, biasanya saya makan banyak (hehehe, kalau lagi selera). Belum sempat enak-enakan santai depan TV atau meregangkan badan di kasur, harus ke mesjid lagi untuk sholat Isya dan sholat tarawih (kalau tidak, Papa bisa marah). Setelah itu tadarusan di rumah, kadang kalau belum terlalu ngantuk baca buku dulu. And finally, tidur….Zzzzzz………

Bohong banget kalau saya bilang tidak merasa capek, tapi apa yang saya lakukan belum seberapa dibanding my mom. Mommy mulai pagi, siang sampai malam nggak pernah berhenti menjaga keluarga. I think my mom is a super woman. Duh…nggak kebayang kalau saya juga jadi emak-emak, pasti super duper capek.

Tapi dibalik semua rasa lelah yang dirasakan, Insya Allah kita akan memperoleh pahala yang berlipat ganda bila kita melakukannya dengan ikhlas. Kemarin dengar ceramah udztad, katanya segala amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan pahalanya 10 kali lipat. Masya Allah…itu yang membuat saya semangat. Insya Allah…bulan Ramadhan kali ini ada hikmah dan berkahnya. Amin…ya Rabbal Alamin…..

1 comments:

Anonymous said...

Duluuuuuu. . . . aku juga super cape di bulan romadhon, tapi begitu malam tidur brug sampe sahur. Setelah jadi "mom" tidur usai super capek pun tak sempet tenang, anak ngompol, yang gede masuk angin dll, dll . . . . berangkat tidur house work yg kemaren belum kelar padahal yang besok sudah menanti, tp Alhamdulillah asik lho.

Post a Comment